Jumat, 15 April 2016

Menggabungkan Perilaku Web Analytics dengan CRM Data di Sitecore Experience Platform

Salah satu tantangan besar yang dihadapi semua pemasar di era Big Data adalah pemanfaatan data. Ada dua isu yang sederhana namun meluas, bahwa pemasar mengalami budaya data-driven.
Pertama, tantangan umum adalah alat yang sering digunakan pemasar untuk melacak dan melaporkan data pemasaran terpisah dan berbeda secara mendasar dari alat-alat yang digunakan untuk membangun website, kampanye email, dan inisiatif pemasaran lainnya. Tantangan kedua bahwa data dari berbagai saluran pemasaran tidak terintegrasi, meninggalkan pemasar dengan gambaran yang tidak lengkap dari konsumen akhir dan memaksa pemasar untuk mengisi kesenjangan data dengan asumsi.
Banyak penyedia platform untuk memecahkan masalah ini dengan membawa berbagai fungsi pemasaran dan berbagai sistem pelacakan semua pemasaran ke dalam satu platform. Selama beberapa tahun terakhir kita telah melihat perusahaan seperti Oracle, IBM, dan Adobe mengakuisisi perusahaan pemasaran otomatisasi, web perusahaan analisis, dan perusahaan CRM dengan visi membawa semua fungsi ini bersama-sama sebagai salah satu solusi untuk tim pemasaran. Janji platform gabungan ini untuk menarik analis, karena akan menjadi berarti ketika data ada semua di satu tempat dan mungkin terhubung.
Bagi yang belum familiar dengan Sitecore, produk mereka yang paling populer adalah Web Content Management (WCM) sistem, yang merupakan nama perusahaan. Selama tiga tahun terakhir, Sitecore telah membangun fungsi baru yang biasanya ditemukan di luar fitur sistem konten manajemen web ditetapkan bahwa keduanya melengkapi integrasi dengan platform seperti CRM, pemasaran email, dan otomatisasi pemasaran sementara itu menambah fungsi mereka.
Setelah Sitecore Experience Platform dilaksanakan, pemilik situs dapat mengelola situs serta melakukan fungsi pemasaran lainnya seperti mengirim email kampanye, email individu, mengembangkan kampanye, dan menjalankan tes varian semua dari satu konsol. Ini adalah tindakan bijaksana untuk menepis skeptisme tentang apakah satu platform bisa menjadi yang terbaik di kelasnya pada masing-masing fungsi yang berbeda? Karena, salah satu kekuatan terbesar Sitecore adalah fleksibilitas dengan yang terintegrasi dengan platform lain. Sitecore memberikan satu keuntungan besar atas mengintegrasikan beberapa aplikasi dari beberapa penyedia dijadikan satu tempat.
Mark Ryan sudah menguji hipotesa tentang manfaat mengintegrasikan analisis Web dengan sistem konten manajemen untuk bagian yang lebih baik dari dekade terakhir. Ryan bepikir seluruh Web akan menjadi tempat yang lebih baik, jika penulis konten dan kontributor situs lain memiliki akses langsung untuk analisis terkait dengan konten mereka. Sitecore menggunakan Web Analisis Data ditambah data katalog dan perilaku pelanggan dengan gaya khas CRM. Berikut ini beberapa fitur Sitecore Experience yang paling mengesankan dari platform Analytics:
  • Goal Values (Nilai Sasaran): Modul WCM memungkinkan pemilik situs untuk menghubungkan nilai-nilai dengan tindakan pengunjung. Tindakan ini bisa menjadi sesuatu yang mendasar terhadap tampilan halaman produk atau sesuatu yang lebih umum sejalan dengan tujuan bisnis seperti mengisi formulir. Sementara WCM memungkinkan kontributor konten untuk memutuskan apa nilai tujuannya, akan berasumsi bahwa sebagian besar organisasi mencari tahu nilai-nilai dunia nyata yang memimpin dan berkualitas, serata transaksi klien di daerah ini.
  • Engagement Analytics (Analisa Keterlibatan): Sitecore memiliki seluruh paket laporan out-of-the-box yang menunjukkan real-time dan data historis mirip dengan apa yang ditemukan dalam analisis Web platform seperti Google Analytics, Webtrends, dan Adobe Analytics. Laporan menunjukkan data seperti akuisisi lalu lintas dengan saluran, keterlibatan dengan konten, email terbuka, dan geografi pengunjung. Setiap laporan memiliki cukup banyak menelusuri kemampuan untuk melihat data rekam tertentu.
  • Value-Based Reporting (Pelaporan Nilai Berbasis): Ingat nilai sasaran yang disebutkan di atas? Sitecore sedang mencoba untuk mendapatkan pemilik website untuk berpikir tentang alasan mengapa website ini ada dengan sekelompok laporan berbasis nilai. Para analisis data di dalam WCM memiliki serangkaian laporan terfokus pada nilai bisnis kunjungan, saluran lalu lintas, kelompok konten, halaman tertentu, dan aset sekitar lokasi.
  • Content Editor Reporting (Pelaporan Editor Konten): Mungkin salah satu elemen dari Sitecore Experience Platform adalah cara kinerja konten pelaporan terintegrasi dalam editor konten dalam modul WCM. Sementara mendapatkan pelaporan mengambil beberapa klik dan ingin melihat data bertahan dalam versi masa depan. Ini adalah pelaporan yang paling cerdik terintegrasi yang pernah dalam WCM. Setiap editor konten situs yang memiliki akses cepat dan mudah untuk pelaporan pada seberapa baik konten/halaman mencapai tujuan bisnis.
  • Executive Dashboard (Dashboard Eksekutif): Sitecore memasok serangkaian dashboard eksekutif untuk segera menunjukkan seberapa baik situs memperoleh lalu lintas, melibatkan pengunjung, dan mengkonversi pengunjung. Nama dashboard untuk petinggi, mereka benar-benar informasi yang baik untuk semua peran. Laporan drill-down untuk setiap titik data membantu pemirsa menemukan informasi pada halaman masing-masing, pengguna, atau kunjungan.

Jadi apa itu Sitecore ?

Sitecore adalah membuat data dapat digunakan lebih dekat ke titik manajemen situs dari info yang lain, melalui analisis Web atau penyedia WCM, Sitecore Analytics tidak memiliki kemampuan penuh, segmentasi, dan pembuatan laporan khusus yang dimiliki Google Analytics. Tentu baik untuk memiliki beberapa pelacak analisis Web Data agar dapat bertindak sebagai validator terhadap satu sama lain.

Apa yang akan dilakukan Sitecore?

Sitecore akan meluncurkan rilis baru unggulan utama mereka, platform pengalaman Web di bulan-bulan mendatang (versi 8.0). Mereka telah memberitahu masyarakat beberapa preview tentang bagaimana model data dan pelaporan akan berkembang dalam rilis berikutnya. Antarmuka mereka untuk mengambil data dan melihat laporan telah dibersihkan, terutama dalam rilis mendatang, yang diharapkan akan berarti bahwa banyak pemilik situs menggunakan data.
Namun kemajuan paling keren, dan orang-orang yang akan memiliki dampak terbesar pada bisnis menjalankan platform, adalah bagaimana pelaporan berfokus pada perilaku penting pelanggan seperti siklus penelitian produk, siklus memimpin, siklus penjualan, memelihara memimpin, dan penelitian pelanggan. Laporan baru menunjukkan pengunjung, bagaimana individu atau kelompok produk riset pengunjung selama siklus penjualan yang kompleks dan jenis konten dan aset apa yang mempengaruhi kemajuan mereka melalui saluran penjualan. Hal ini akan mendorong semua kontributor situs untuk mendapatkan pemahaman yang lebih maju tentang bagaimana prospek, pemimpin, dan pelanggan berinteraksi dengan seluruh saluran digital (Web, email, sosial) sepanjang siklus beli.

Sitecore 8: Pelaporan Layar

Tim web terus berjuang untuk mendapatkan data yang paling komprehensif tentang prospek mereka dan mendapatkan data dari tangan anggota tim yang membutuhkannya. Penyedia platform seperti Sitecore, Oracle, dan Adobe membuat langkah besar untuk mempertahankan perusahaan memanfaatkan data yang mereka kumpulkan dengan cara yang menguntungkan bisnis serta konsumen akhir. Saya percaya tren ini akan berlanjut di seluruh industri dan kita bersemangat untuk melihat kemajuan di tahun 2015. (Saepul Bahri, @ipulcikal, Blog: http://www.ipulmagang.blogspot.com)
Sumber: 
Mark Ryan, www.clickz.com/clickz/column/2387183/combining-web-analytics-behaviors-with-crm-data-in-the-sitecore-experience-platform
http://ipulmagang.blogspot.co.id/2015/02/menggabungkan-perilaku-web-analytics.html


Konten Web

Definisi
Konten web adalah, teks visual atau pendengaran konten yang dihadapi sebagai bagian dari pengalaman pengguna pada situs web . Ini dapat mencakup, antara lain: teks, gambarsuara , video dananimasi .
Dalam ” Informasi Arsitektur untuk World Wide Web “(edisi kedua, halaman 219), Lou Rosenfeld dan Peter Morville menulis,” Kami menetapkan konten secara luas sebagai ‘hal-hal di situs Web Anda. ” Ini mungkin termasuk dokumen, data, aplikasi, e-layanan, gambar, file audio dan video, halaman web pribadi, arsip e-mail, dan banyak lagi Dan kami mencakup hal-hal masa depan serta hal-hal ini.. “

Dari konten web

Walaupun Internet dimulai dengan proyek penelitian Pemerintah AS di akhir tahun 1950an, web dalam bentuk yang sekarang tidak muncul di Internet sampai setelah Tim Berners-Leedan rekan-rekannya di laboratorium Eropa ( CERN ) mengajukan konsep menghubungkan dokumen dengan hypertext . Namun hal itu tidak sampai Musa , pendahulu terkenal Netscape Navigator , tampak bahwa internet menjadi lebih dari file yang melayani sistem.
Penggunaan hypertext , hyperlink dan berbasis model halaman berbagi informasi, diperkenalkan dengan Mosaic dan kemudian Netscape , membantu untuk menetapkan konten web, dan pembentukanwebsite . Sebagian besar, hari ini kita mengkategorikan website sebagai jenis situs web tertentu sesuai dengan isi website yang berisi .

Halaman yang konsep

Konten Web yang didominasi oleh “halaman” konsep. Setelah awal dalam suatu pengaturan akademis, dan dalam pengaturan didominasi oleh jenis-halaman tertulis, gagasan dari web adalah link langsung dari satu makalah akademik yang lain kertas akademik. Ini adalah ide yang benar-benar revolusioner di akhir 1980-an dan awal 1990-an ketika link terbaik bisa dibuat adalah dengan mengutip referensi di tengah-tengah jenis kertas dan ditulis nama yang referensi baik di bagian bawah halaman atau pada halaman terakhir dari makalah akademik.
Ketika itu adalah mungkin bagi setiap orang untuk menulis dan memiliki halaman Mosaic, konsep ” home page “kabur ide sebuah halaman. [1] Itu mungkin bagi orang untuk memiliki ” halaman Web“atau halaman rumah” “yang dalam banyak kasus website berisi banyak halaman fisik meskipun disebut” sebuah “halaman. Orang sering menyebut “rumah mereka halaman” untuk menyediakan kredensial, link ke sesuatu yang seseorang yang didukung, atau konten apapun individu lain seseorang ingin menerbitkan.
Walaupun “web” mungkin menjadi sumber daya kami biasa digunakan untuk “pergi ke” lokasi tertentu online, banyak protokol yang berbeda dipanggil untuk mengakses informasi tertanam. Ketika kita diberi suatu alamat , seperti http://www.youtube.com , kita mengharapkan untuk melihat berbagai halaman web, tetapi dalam setiap halaman kami telah tertanam alat untuk menonton “video klip”.

Konten web HTML

Meskipun kami mungkin menanamkan berbagai protokol dalam halaman web, halaman web “” terdiri dari ” html “(atau beberapa variasi) konten masih merupakan cara yang dominan dimana kita berbagi konten. Dan sementara ada banyak halaman web dengan struktur kepemilikan lokal (paling biasanya, situs bisnis), jutaan website abound yang terstruktur sesuai dengan ide inti umum.
  1. Blog adalah jenis website yang berisi halaman web terutama menulis di html (walaupun blogger mungkin benar-benar menyadari bahwa halaman web terdiri menggunakan html karena alat blogging yang dapat digunakan). Jutaan orang menggunakan blog online, blog sekarang menjadi “halaman rumah baru”, yaitu suatu tempat di mana persona dapat mengungkapkan informasi pribadi, dan / atau membangun sebuah konsep untuk yang persona ini. Meskipun sebuah blog dapat ditulis untuk tujuan lain, seperti mempromosikan bisnis, inti dari sebuah blog adalah kenyataan bahwa ia adalah ditulis oleh orang “” dan bahwa orang mengungkapkan informasi dari / sudut pandangnya dia;
  2. Mesin pencari situs terdiri terutama dari konten html, tetapi juga memiliki pendekatan terstruktur biasanya untuk mengungkapkan informasi. Sebuah halaman hasil mesin pencari (SERP) menampilkan, biasanya pos nama mesin pencari , dan kemudian daftar situs dan alamat mereka. Apa yang di sini merupakan hasil dari sebuah query yang dapat didefinisikan sebagai kata kunci. Hasil Halaman daftar halaman Web yang terhubung dalam beberapa cara dengan kata kunci yang digunakan dalam query;
  3. Diskusi panel adalah situs terdiri dari “” isi tekstual yang diselenggarakan oleh html atau beberapa variasi yang dapat dilihat dalam web browser . Mekanisme mengemudi dari papan diskusi adalah kenyataan bahwa pengguna terdaftar dan setelah terdaftar bisa menulis posting . Seringkali sebuah papan diskusi terdiri dari pos menanyakan beberapa jenis pertanyaan yang pengguna lain dapat memberikan jawaban atas pertanyaan itu;
  4. Situs E-commerce adalah sebagian besar terdiri dari bahan tekstual dan tertanam dengan grafis menampilkan gambar item (s) untuk dijual. Namun, ada situs yang sangat sedikit yang terdiri halaman-demi-halaman menggunakan beberapa varian dari HTML. Secara umum, halaman web terdiri sebagai mereka yang dilayani dari database ke pelanggan menggunakan browser web. Namun, pengguna melihat dokumen terutama teks tiba sebagai halaman web yang dapat dilihat dalam browser web. situs E-commerce biasanya diorganisir oleh perangkat lunak kami mengidentifikasi sebagai ” keranjang belanja “.

Pandangan yang lebih luas dari konten web

Meskipun ada banyak jutaan halaman yang sebagian besar terdiri dari HTML, atau beberapa variasi, secara umum kita melihat data , aplikasi , E-Services , gambar(grafis), audio dan file video , halaman web pribadi , arsip e-mail , dan banyak lagi bentuk file dan sistem data sebagai milik situs dan halaman web.
Meskipun ada ratusan cara untuk menyampaikan informasi pada sebuah situs web, ada seperangkat pengetahuan tentang mesin pencari optimasi yang harus dibaca sebagai penasehat cara bahwa apa pun tetapi teks harus disampaikan. Saat ini mesin pencari berbasis teks dan salah satu cara umum orang yang menggunakan browser cari situs yang menarik.

Konten adalah raja

Ungkapan dapat ditafsirkan bahwa – tanpa konten asli dan diinginkan, atau pertimbangan untuk hak-hak dan kepentingan komersial pencipta konten – setiap usaha media cenderung gagal karena kurangnya menarik konten, terlepas dari faktor desain lainnya.
Konten dapat berarti setiap karya kreatif, seperti teks, grafik, gambar atau video.
“Konten adalah Raja” adalah saat meme ketika mengorganisir atau membangun website (walaupun Andrew Odlyzko dalam “Konten adalah Tidak Raja” berpendapat lain). konten Teks ini terutama penting bagi penempatan mesin pencari. Tanpa konten teks asli, kebanyakan mesin pencari tidak akan dapat istilah pencarian sesuai dengan isi situs.
Informasi lebih lanjut: internet marketing

Manajemen konten

Karena website sering kompleks, istilah ” manajemen konten “muncul pada akhir tahun 1990an mengidentifikasi metode atau dalam beberapa kasus sebuah alat untuk mengatur semua unsur beragam akan dimuat di website. Manajemen konten sering berarti bahwa dalam bisnis ada sejumlah orang yang memiliki peran yang berbeda yang harus dilakukan dengan manajemen konten, seperti konten penulis, editor , penerbit , dan administrator . Tapi itu juga berarti mungkin terdapat sistem manajemen kontendimana masing-masing peran yang berbeda dimana diatur untuk memberikan bantuan mereka dalam operasi sistem dan mengatur informasi untuk sebuah situs web.
Meskipun bisnis dapat mengatur untuk mengumpulkan, mengandung dan mewakili bahwa informasi online, kebutuhan organisasi konten sedemikian rupa untuk memberikan pembaca (browser) dengan pengalaman “customer” yang mudah digunakan, situs tersebut dapat berlayar dengan mudah , dan situs Web yang dapat memenuhi peran yang ditugaskan oleh bisnis, yaitu, untuk menjual kepada pelanggan, atau pasar produk dan jasa, atau untuk menginformasikan kepada pelanggan.

Geo penargetan isi web

Penargetan geografis konten web di internet pemasaran dan pemasaran geografis adalah metode untuk menentukan Geolocation (lokasi fisik) dari pengunjung situs web dengan perangkat lunak Geolocation dan pengiriman konten yang berbeda dengan pengunjung didasarkan pada lokasinya atau dia, seperti negara, daerah / negara, kota, kode metro / kode pos , organisasi, Internet Protocol(IP), ISP atau kriteria lainnya.

Konten yang berbeda-beda]dengan pilihan

Sebuah contoh khas untuk konten yang berbeda dengan pilihan penargetan geografis adalah di situs web FedEx di FedEx.com di mana pengguna memiliki pilihan untuk memilih lokasi negara pertama mereka dan kemudian disajikan dengan situs yang berbeda atau artikel konten tergantung pada pilihan mereka.

Berbeda isi Otomatis

Dengan isi yang berbeda otomatis di internet pemasaran dan geomarketing pengiriman konten yang berbeda berdasarkan geografis Geolocation dan informasi pribadi lainnya secara otomatis.

sumber
https://visilubai.wordpress.com/2010/05/14/konten-web/

5 Konten Wajib di Website

Mempunyai desain yang menarik tidaklah cukup agar suatu website yang dibangun dapat menjadi website yang besar dan dikunjungi banyak pengunjung. perlu didukung dengan konten yang jelas, akurat, orisinil, dan sesuai target pengunjung. beberapa konten tidak hanya menarik pengunjung tapi juga wajib ada sebagai salah satu bagian penting di website anda, berikut 5 Konten Wajib di Website Perusahaan Anda:
1. Home Page
Setiap desain web selalu terfokus pada halaman utama, karena dari sini dapat dilihat bagaimana anda mendesain website anda untuk dapat menarik pengunjung, tuliskan di halaman utama apa yang ingin dibaca oleh pengunjung, informasi apakah yang dibutuhkan saat itu atau beberapa potongan gambar yang menarik untuk dilihat. tulis semuanya dengan beberapa kalimat dengan penataan yang rapi dan ukuran huruf yang enak dan dapat mudah dibaca. berikan warna yang cocok dengan latar dan desain website anda.

2. Service/Product Page
Halaman atau konten ini menjadi kedua terpenting setelah halaman utama/homepage, tuliskan pelayanan atau produk yang anda jual dengan sangat detail dan sesuai fakta, dikarenakan calon konsumen anda ingin mengetahui apa yang dapat anda berikan kepada mereka dan akan memberikan kepercayaan mereka untuk anda. konten/halaman ini sangat penting, oleh karena itu luangkan waktu anda dan fokus kepada nilai produk atau jasa yang anda sediakan untuk konsumen anda.

3.  Contact Page
Halaman Kontak atau informasi kontak akan mengarahkan pengunjung kemana mereka harus pergi untuk mendapatkan produk/jasa yang anda sediakan, halaman ini sangat vital untuk perkembangan penjualan produk atau jasa anda, tuliskan informasi yang jelas seperti alamat perusahaan, nomor telepon, email, akun ym dan informasi lainnya yang dapat digunakan konsumen untuk dapat menghubungi perusahaan anda.

4. About Page
Di halaman ini tuliskan sejarah perusahaan, profil perusahaan, keunggulan perusahaan anda, partner perusahaan anda, atau peraturan dan persetujuan antara anda dengan konsumen (sla-aup). intinya, di halaman ini tuliskan informasi yang perlu konsumen anda ketahui mengenai perusahaan anda.

5. Testimonials Page
Agar Calon konsumen anda mengetahui seberapa bagus pelayanan anda atau produk/jasa yang anda jual, tempatkan konten testimonial di bagian yang paling gampang dilihat dan diakses oleh pengunjung.  pada konten  ini isi  harus sesuai fakta dan disertai nama pemberi testimoni dan berikan link untuk membuat testimoni baru agar setiap konsumen tertarik ikut memberikan testimoni langsung dihalaman tersebut. halaman ini akan meningkatkan kepercayaan calon konsumen terhadap perusahaan anda. semakin banyak testimoni positif mengenai produk/jasa anda semakin banyak pengunjung yang tertarik akan produk/jasa anda. disamping itu halaman ini bisa dijadikan sebagai kotak saran bagi anda untuk pengembangan produk/jasa anda dikemudian hari.

sumber
https://kb.qwords.com/2012/05/5-konten-wajib-di-website-perusahaan-anda/

Pengukuran Web


     Di bawah ini ada beberapa tools yang digunakan untuk mengukur website dari segi kecepatan akses dan performanya, serta mengukut banyaknya pengunjung suatu website, berikut ini penjelasan mengenai beberapa tools yang digunakan untuk mengukur kecepatan akses website.

1.    Pingdom Tools 
     Pingdom Tools merupakan sebuah alat ukur kecepatan website dapat di akses,  nilai  dari sebuah website, dan berapa ukuran dari sebuah website tersebut. Beberapa kelebihannya di kategorikan sebagai berikut  :
  
·                     Performance Grade : melihat nilai kecepatan performa halaman web, dari akses DNS, browser cache, combine external css dan lain-lain.
·                     Waterfall : melihat detail kecepatan akses ketika membuka halaman web, dari gambar bahkan sampai seberapa cepat script tersebut dapat di akses.
·                     Page Analysis : melihat detail analisa halaman web.
·                     History : melihat detail akses dari beberapa hari lalu.
     Kekurangan yang terdapat pada tools ini, sama seperti tools alat ukur akses web pada umumnya yaitu Membutuhkan akses internet yang stabil, karena tidak mungkin kita bisa mengukur kecepatan akses suatu website kalau akses internet kita terhadap website tersebut tidak stabil/berjalan dengan baik.

2.   GTmetrix 
     GTmetrix adalah website untuk menganalisa kecepatan web yang tersedia secara gratis, dengan menggunakan google page speed dan Yahoo Yslow sebagai analyze engine dan untuk menampilkan hasil serta rekomendasi yang harus dilakukan.
Dengan GTmetrix juga dapat membandingkan beberapa URL sekaligus dan jika mendaftar sebagai anggota maka dapat:
·                     Melihat tes sebelumnya untuk membandingkan hasilnya
·                     Menjadwalkan cek website secara otomatis
·                     Menyimpan laporan
·                     Memilih hasil laporan untuk ditampilkan kepublic atau tidak
Kelebihan GTmetrix :
·                     Dapat menggunakan google page speed dan YSLOW sebagai analyze engine
·                     Dapat membandingkan beberapa URL sekaligus
·                     Menjadwalkan cek website secara otomatis
·                     Dapat menyimpan laporan
·                     Memilih hasil laporan untuk ditampilkan kepublic atau tidak.
Kekurangan GTmetrix :
·                     Jika menggunakan GTmetrix harus menggunakan internet yang cepat.

3.      Alexa Rank
    Alexa Internet, Inc. adalah perusahaan yang berbasis di California yang mengoperasikan situs yang menyediakan informasi mengenai banyaknya pengunjung suatu situs dan urutannya. Alexa Internet didirikan pada tahun 1996 oleh Brewster Kahle dan Bruce Gilliat. Cara kerja Alexa rank Alexa memberikan peringkat ke sebuah situs berdasarkan jumlah pengunjung unik. Semakin rendah alexarank dari situs berarti situs memiliki sedikit pengunjung unik.Jadi jika Anda bisa mendapatkan lebih banyak traffic ke situs Anda, Anda akan mendapatkan lebih rendah alexa rank.

Kelemahan Alexa:
·                     Jika pengguna internet (pengakses situs anda tidak menginstal Alexa Toolbar di browsernya) maka sekalipun ada 1000 pengunjung situs anda dalam sehari, Alexa akan tetap menilai situs anda tidak ada pengunjungnya.
·                     Jika dalam sehari ada yang mengakses situs anda 20 kali dengan alamat IP(Internet protocol) yang sama, maka akan dianggap situs anda hanya dikunjungi oleh 1 satu orang hanya dapat poin 1, akan berbeda jika situs anda dikunjungi oleh 20 orang dengan alamat IP berbeda (unik) maka situs anda akan memperoleh nilai 20 (nilai ini   hanya pengandaian, Alexa mempunyai formula sendiri dalam menentukan nilai sebuah web) .

Kelebihan Alexa :
·                     Alexa rank akan menampilkan tingkat popularitas dari sebuah situs web yang dibandingkan dengan web milik kita,termasuk jangkauan,tampilan halaman,dan masih banyak lagi.
·                     Pencarian analisa akan menampilkan kepada kita yang merupakan syarat untuk kita untuk berkompetisi untuk mendapatkan sebuah traffic 
·                     Data pengunjung akan menampilkan kepada kita apa yang menarik dari website kita yang dilihat oleh pengunjun – pengunjung website kita 
·                     Data clickstream akan menampilkan kepada kita sebagai pemilik website dimana dalam mendapatkan traffic dari program keanggotaan dan kemitraan.


http://sikat-ku.blogspot.co.id/2013/06/web-content.html

http://afanrais19.blogspot.co.id/2016/04/pengukuran-web.html

Mempelajari Perilaku Visitor di Website



Ketika kita sedang berselancar di #internet mencari informasi yang dibutuhkan sudah barang tentu kita akan dihadapkan pada jutaan hasil pencarian dari berbagai website berbeda. Mungkin sebagian dari kita sudah mempunyai website langganan untuk di kunjungi. Namun bagi yang masih mencari-cari, tentunya ada kalanya kita akan lebih nyaman pada sebuah website dengan beberapa alasan yang berkenaan dengan tampilan visual dan penataan layout website tersebut.

Nah, bagi Anda yang sedang mengelola sebuah website persoalan tata tampilan website tentunya bukan hal remeh yang bisa disepelakan bukan. Dan pada kesempatan kali ini kita akan sedikit membahas mengenai perilaku visitor atau pengunjung website ketika mereka sedang menjelajahi sebuah situs.

Anda pernahkan mendengar tentang istilah website Eyetracking? Ini merupakan istilah dimana kita bisa mengetahui bagian mana saja dari website kita yang paling banyak menyedot perhatian pengunjung website. Pada umumnya, akan dibagi menjadi beberapa daerah dengan tanda berbeda, dan biasanya bagian atas atau awal dari sebuah website selalu menjadi area strategis untuk menarik perhatian pengunjung.





Lalu apa untungnya bagi pengelola website? Tentunya untuk kita yang sedang mengembangkan sebuah website, informasi ini bisa menjadi saran penting bagian mana yang harus lebih ditonjolkan dan bagian mana yang kurang potensial untuk dikembangkan. Nah, langsung saja yuk kita bahas mengenai beberapa perilaku visitor saat menjelajahi website Anda:

Artikel lain: 200 Faktor yang Mempengaruhi Ranking Website di Google

1. Tulisan Vs Gambar

Dalam struktur tampilan sebuah situs, tentunya kita akan menemui 2 jenis tampilan grafis yakni tulisan dan gambar. Sebagian situs mungkin lebih fokus ke tulisan dan sebagian lagi lebih berusaha menonjolkan banyak gambar. Namun jika kita membicarakan situs informasi, faktanya adalah tulisan akan lebih menarik daripada gambar bagi seorang pengunjung.

Hal tersebut dikarenakan pada dasarnya tulisan lebih dianggap sebagai media penyampaian informasi ketimbang sebuah gambar. Tentunya hal ini mengesampingkan beberapa situs yang memang fokus ke gambar (e.q Flickr, #Pinterest, dan lain-lain). Namun tidak dipungkiri gambar memang selalu menjadi pemanis situs. Dan jika Anda harus menempatkan sebuah gambar, akan lebih baik pilihlah gambar dengan ukuran yang cukup besar dan jelas. Ukuran yang besar akan lebih efektif ketimbang gambar berukuran kecil.

Fakta berikutnya adalah pada umumnya pengunjung akan lebih menyukai tulisan yang tidak terlampu panjang.  Selain itu pemilihan font atau jenis huruf juga menjadi pertimbangan pengunjung untuk tetap berlama-lama singgah di website Anda. Pemilihan font yang terlalu aneh justru akan menyulitkan pembaca dan akan lebih baik jika Anda menggunkan font standart seperti Calibri atau Arial. Font jenis ini banyak yang menilai lebih “bersahabat” dengan mata kita, sehingga akan terasa nyaman meski harus membaca berlama-lama.

2. Tata Letak Website

Berikutnya adalah terkait tata letak atau struktur website yang kita kelola. Seperti yang sudah saya sampaikan diatas, jika kita merating bagian situs mana yang paling mendapat perhatian tentu bagian atas situslah jawabannya.  Hal ini menjadi indikasi bagi kita untuk meletakkan segala sesuatu yang terpenting dibagian atas situs.

Artikel lain: 9 Elemen Penting Dalam SEO Website Anda Untuk Jangka Panjang

Beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan adalah menu. Menu yang berada diatas pada umumnya akan bekerja lebih efektif. Kebanyakan pengunjung akan lebih nyaman jika menu yang disajikan di bagian atas sudah mencakup segala sesuatu yang ada dalam situs tersebut.

Meskipun kita telah menyediakan kolom pencarian, pengunjung kebanyakan enggan menggunakan fitur tersebut karena lebih nyaman jika mengakses lewat berbagai pilihan menu dan navigasi yang disediakan. Hal ini tentunya akan berimbas pada lama tidak nya pengunjung betah menjelajahi situs kita.

Berikutnya mengenai tata letak, pengunjung pada umumnya lebih banyak mengamati situs dari sisi sebelah kiri atas kemudian menuju bawah. Pada bagian tersebut biasanya merupakan letak logo atau keterangan umum dari website dan diikuti dengan serangkaian menu. Ini bisa menjadi masukan bagi kita untuk menempatkan menu atau konten website yang lebih penting di bagian kiri terlebih dahulu.

3. Penempatan Iklan dan Banner

Tidak bisa dipungkiri, iklan atau berbagai jenis banner banyak di gunakan sebagai ladang pendapatan bagi sebuah website. Namun harus selalu diperhatikan bagaimana cara agar iklan dan banner tersebut dapat berfungsi secara maksimal, menarik perhatian bukan malah mengganggu kenyamanan pengunjung.

Jika kita merujuk pada tata kelola penempatan iklan yang di miliki Google Adsense (bisa kita tengok disini ) , penempatan iklan yang baik seperti yang disarankan oleh pihak #Google tersebut akan sangat berpengaruh pada hasil yang kita dapatkan nantinya. Namun pada umumnya pengunjung memang tidak terlalu memperhatikan baik iklan atau bentuk banner apapun jika tidak ada hubungannya dengan apa yang sedang mereka cari. Terlebih bila iklan tersebut malah menutup area konten yang sedang dibaca, mayoritas pengunjug akan langsung menutup website tersebut.


http://akiranadhira.blogspot.co.id/2016/04/mempelajari-perilaku-visitor-di-website.html

SEGITIGA RETORIS DAN BANDING RETORIS



Segitiga retoris terdiri dari tiga komponen yang hadir dalam setiap proses persuasif:
§  Penulis: orang yang menghasilkan teks.
§  Pemirsa: orang / orang yang menerima / teks.
§  Teks: pesan yang disampaikan dari penulis untuk penonton
anding retoris:  tiga jalan utama dimana orang dibujuk.
§  Logos:  Strategi alasan, logika, atau fakta. Setiap jenis argumen yang menarik bagi sisi rasional seseorang adalah menarik untuk logo.
§  Ethos:  ” Karakter” Banding ke etos Strategi kredibilitas, wewenang, atau menunjukkan penulis kepercayaan, keahlian dan kejujuran dan berusaha untuk menempatkan penulis dalam cahaya yang lebih positif untuk penonton.
§  Pathos:  Strategi emosi dan mempengaruhi. Pathos menarik bagi rasa audiens kemarahan, kesedihan, atau kegembiraan.

SUMBER :
https://dhozkiii24.wordpress.com/2013/08/26/penjelasan-web-content-media-standar-generative-model-model-retorika-di-web/
http://tubagusrayhan.blogspot.co.id/2016/04/web-content-dengan-segitiga-retoris-dan.html