Hai popel, pada kesempatan kali ini saya akan
membahas tentang search engine
optimization atau sering disebut juga SEO. Mungkin bagi beberapa orang yang
bergelut dibidang website sudah
sangat terbiasa dengan SEO tapi bagi orang-orang bisa belum terlalu dekat
dengan istilah itu, langsung saja kita bahas apa itu SEO.
SEO adalah keputusan besar
yang dapat meningkatkan peringkat situs Anda dan menghemat waktu, tapi juga
berisiko tinggi terhadap situs dan reputasi. Pastikan meneliti kemungkinan
keuntungan serta kelemahan yang dapat ditimbulkan oleh SEO yang tidak
bertanggung jawab terhadap situs Anda. Banyak SEO dan agen serta konsultan lain
yang menyediakan layanan yang bermanfaat bagi pemilik situs web, meliputi:
·
Ulasan
tentang konten atau struktur situs Anda
·
Saran
teknis tentang pengembangan situs web: misalnya, hosting, pengalihan, laman
kesalahan, dan penggunaan JavaScript
·
Pengembangan
konten
·
Manajemen
kampanye pengembangan bisnis online
·
Penelitian
kata kunci
·
Pelatihan
SEO
·
Keahlian
dalam pasar dan geografis tertentu.
Perlu diingat bahwa laman hasil penelusuran Google
menyertakan hasil penelusuran organik dan sering kali juga menyertakan iklan
berbayar (yang ditandai dengan "Iklan" atau "Sponsor").
Beriklan dengan Google tidak akan memengaruhi kemunculan situs Anda dalam hasil
penelusuran kami. Google tidak menerima bayaran untuk menyertakan atau memberi
peringkat situs dalam hasil penelusuran kami, dan tidak perlu biaya untuk
muncul dalam hasil penelusuran organik kami. Sumber daya gratis seperti Search
Consol, blog
Webmaster Central resmi, dan forum diskusi kami dapat memberikan
banyak informasi tentang cara mengoptimalkan situs Anda untuk penelusuran
organik.
Jika Anda berencana
menggunakan jasa SEO, semakin cepat semakin baik. Waktu yang tepat untuk
mempekerjakan SEO adalah saat Anda mempertimbangkan perancangan ulang situs
atau berencana meluncurkan situs baru. Dengan cara itu, Anda dan SEO dapat
memastikan bahwa Anda merancang situs yang ramah mesin telusur. Akan tetapi,
SEO yang baik juga dapat membantu Anda meningkatkan situs yang sudah ada.
Beberapa pertanyaan berguna untuk
ditanyakan kepada SEO meliputi:
- Dapatkah Anda menunjukkan kepada saya contoh hasil kerja sebelumnya dan berbagi beberapa kisah sukses?
- Apakah Anda mematuhi Pedoman Webmaster Google?
- Apakah Anda menawarkan layanan pemasaran online atau nasihat untuk melengkapi bisnis penelusuran organik Anda?
- Jenis hasil pencarian apakah yang ingin Anda lihat dan dalam batasan waktu apa? Bagaimana Anda mengukur keberhasilan Anda?
- Apa pengalaman Anda dalam industri saya?
- Apa pengalaman Anda di negara/kota saya?
- Apa pengalaman Anda dalam mengembangkan situs internasional?
- Apa teknik SEO yang terpenting bagi Anda?
- Sudah berapa lama Anda bekerja dalam bisnis ini?
- Bagaimana cara saya menghubungi Anda? Apakah Anda bersedia memberi tahu semua perubahan yang Anda lakukan pada situs saya, dan menyediakan informasi mendetail tentang rekomendasi Anda serta semua alasannya?
Meskipun banyak SEO yang memberikan layanan yang
bernilai kepada klien, tapi ada beberapa SEO yang tidak bertanggung jawab yang
telah mencoreng industri ini dengan tindakan pemasaran yang sangat agresif dan
tindakan manipulasi hasil mesin telusur dengan cara-cara yang tidak adil.
Praktik yang melanggar pedoman kami dapat menyebabkan penyesuaian yang negatif
atas kehadiran situs Anda di Google atau bahkan penghapusan situs Anda dari
indeks kami. Berikut beberapa hal yang perlu dipertimbangkan:
Salah satu scam yang umum adalah pembuatan domain
"bayangan" yang mengarahkan pengguna ke suatu situs menggunakan
pengalihan palsu. Domain bayangan ini sering kali adalah domain milik SEO yang
mengaku bekerja atas nama klien. Akan tetapi, jika terjadi hubungan tidak baik,
SEO akan mengarahkan domain ke situs lain, atau bahkan ke domain kompetitor.
Jika itu terjadi, klien harus membayar untuk mengembangkan situs saingan yang
dimiliki sepenuhnya oleh SEO.
Praktik terlarang lainnya adalah memasang laman
"doorway" (gerbang) yang dijejali kata kunci pada situs klien. SEO
menjanjikan membuat laman lebih relevan dengan berbagai kueri. Hal ini salah
karena setiap laman jarang sekali relevan dengan kata kunci yang sangat banyak
pilihannya. Tetapi, yang lebih berbahaya adalah bahwa laman doorway tersebut
sering kali mengandung tautan berbahaya ke klien lain SEO juga. Laman doorway
seperti itu dapat mengurangi popularitas tautan suatu situs dan mengarahkannya
ke SEO serta klien lainnya, yang dapat menyertakan situs yang memiliki konten
tidak layak atau ilegal.
Jika
merasa ditipu oleh SEO, Anda dapat melaporkannya.
Oke sekian penjelasan tentang SEO hanya segitu yang sekarang bisa saya informasikan, semoga informasi yang saya berikan bisa bermanfaat :)
Daftar pustaka
: https://support.google.com/webmasters/answer/35291?hl=id