Ketika kita sedang berselancar di #internet mencari informasi
yang dibutuhkan sudah barang tentu kita akan dihadapkan pada jutaan hasil
pencarian dari berbagai website berbeda. Mungkin sebagian dari kita sudah
mempunyai website langganan untuk di kunjungi. Namun bagi yang masih
mencari-cari, tentunya ada kalanya kita akan lebih nyaman pada sebuah website
dengan beberapa alasan yang berkenaan dengan tampilan visual dan penataan
layout website tersebut.
Nah, bagi Anda yang sedang mengelola sebuah website persoalan
tata tampilan website tentunya bukan hal remeh yang bisa disepelakan bukan. Dan
pada kesempatan kali ini kita akan sedikit membahas mengenai perilaku visitor
atau pengunjung website ketika mereka sedang menjelajahi sebuah situs.
Anda pernahkan mendengar tentang istilah website Eyetracking?
Ini merupakan istilah dimana kita bisa mengetahui bagian mana saja dari website
kita yang paling banyak menyedot perhatian pengunjung website. Pada umumnya,
akan dibagi menjadi beberapa daerah dengan tanda berbeda, dan biasanya bagian
atas atau awal dari sebuah website selalu menjadi area strategis untuk menarik
perhatian pengunjung.
Lalu apa untungnya bagi pengelola website? Tentunya untuk kita
yang sedang mengembangkan sebuah website, informasi ini bisa menjadi saran
penting bagian mana yang harus lebih ditonjolkan dan bagian mana yang kurang
potensial untuk dikembangkan. Nah, langsung saja yuk kita bahas mengenai
beberapa perilaku visitor saat menjelajahi website Anda:
Artikel lain: 200 Faktor yang Mempengaruhi Ranking Website di
Google
1. Tulisan Vs Gambar
Dalam struktur tampilan sebuah situs, tentunya kita akan menemui
2 jenis tampilan grafis yakni tulisan dan gambar. Sebagian situs mungkin lebih
fokus ke tulisan dan sebagian lagi lebih berusaha menonjolkan banyak gambar.
Namun jika kita membicarakan situs informasi, faktanya adalah tulisan akan
lebih menarik daripada gambar bagi seorang pengunjung.
Hal tersebut dikarenakan pada dasarnya tulisan lebih dianggap
sebagai media penyampaian informasi ketimbang sebuah gambar. Tentunya hal ini
mengesampingkan beberapa situs yang memang fokus ke gambar (e.q Flickr,
#Pinterest, dan lain-lain). Namun tidak dipungkiri gambar memang selalu menjadi
pemanis situs. Dan jika Anda harus menempatkan sebuah gambar, akan lebih baik
pilihlah gambar dengan ukuran yang cukup besar dan jelas. Ukuran yang besar
akan lebih efektif ketimbang gambar berukuran kecil.
Fakta berikutnya adalah pada umumnya pengunjung akan lebih
menyukai tulisan yang tidak terlampu panjang. Selain itu pemilihan font
atau jenis huruf juga menjadi pertimbangan pengunjung untuk tetap berlama-lama
singgah di website Anda. Pemilihan font yang terlalu aneh justru akan
menyulitkan pembaca dan akan lebih baik jika Anda menggunkan font standart
seperti Calibri atau Arial. Font jenis ini banyak yang menilai lebih
“bersahabat” dengan mata kita, sehingga akan terasa nyaman meski harus membaca
berlama-lama.
2. Tata Letak Website
Berikutnya adalah terkait tata letak atau struktur website yang
kita kelola. Seperti yang sudah saya sampaikan diatas, jika kita merating
bagian situs mana yang paling mendapat perhatian tentu bagian atas situslah
jawabannya. Hal ini menjadi indikasi bagi kita untuk meletakkan segala
sesuatu yang terpenting dibagian atas situs.
Artikel lain: 9 Elemen Penting Dalam SEO Website Anda Untuk
Jangka Panjang
Beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan adalah menu. Menu
yang berada diatas pada umumnya akan bekerja lebih efektif. Kebanyakan
pengunjung akan lebih nyaman jika menu yang disajikan di bagian atas sudah
mencakup segala sesuatu yang ada dalam situs tersebut.
Meskipun kita telah menyediakan kolom pencarian, pengunjung
kebanyakan enggan menggunakan fitur tersebut karena lebih nyaman jika mengakses
lewat berbagai pilihan menu dan navigasi yang disediakan. Hal ini tentunya akan
berimbas pada lama tidak nya pengunjung betah menjelajahi situs kita.
Berikutnya mengenai tata letak, pengunjung pada umumnya lebih
banyak mengamati situs dari sisi sebelah kiri atas kemudian menuju bawah. Pada
bagian tersebut biasanya merupakan letak logo atau keterangan umum dari website
dan diikuti dengan serangkaian menu. Ini bisa menjadi masukan bagi kita untuk
menempatkan menu atau konten website yang lebih penting di bagian kiri terlebih
dahulu.
3. Penempatan Iklan dan Banner
Tidak bisa dipungkiri, iklan atau berbagai jenis banner banyak
di gunakan sebagai ladang pendapatan bagi sebuah website. Namun harus selalu
diperhatikan bagaimana cara agar iklan dan banner tersebut dapat berfungsi
secara maksimal, menarik perhatian bukan malah mengganggu kenyamanan
pengunjung.
Jika kita merujuk pada tata kelola penempatan iklan yang di
miliki Google Adsense (bisa kita tengok disini ) , penempatan iklan yang baik
seperti yang disarankan oleh pihak #Google tersebut akan sangat berpengaruh pada
hasil yang kita dapatkan nantinya. Namun pada umumnya pengunjung memang tidak
terlalu memperhatikan baik iklan atau bentuk banner apapun jika tidak ada
hubungannya dengan apa yang sedang mereka cari. Terlebih bila iklan tersebut
malah menutup area konten yang sedang dibaca, mayoritas pengunjug akan langsung
menutup website tersebut.
http://akiranadhira.blogspot.co.id/2016/04/mempelajari-perilaku-visitor-di-website.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar