WEB dan JARINGAN
WEBSITE
Menurut terminologi,
website itu adalah kumpulan dari halaman-halaman situs yang terangkum dalam
sebuah domain atau subdomain, yang tempatnya berada di dalam World Wide Web
(WWW) di dalam internet.
Pada dasarnya, web itu
adalah cara buat menampilkan sesuatu di internet. Website berarti adalah sebuah
tempat di internet, siapa aja di seluruh dunia dapat mengunjunginya, kapan saja
mereka dapat mengetahui isi dari web tersebut, memberi pertanyaan di web
tersebut dan memberikan masukan atau bahkan membeli produk dari suatu website
tersebut.
Coba anda bayangkan, jadi
Internet itu bagaikan sebuah pusat perdagangan terbesar di dunia, dan website
bikinan anda adalah salah satu tokonya di pusat perdangan tersebut.
·
MENGAPA KITA PERLU SEBUAH WEB?
Di zaman canggih seperti
sekarang ini, semua orang sudah menggunakan web untuk segala sesuatu loh. Mulai
dari pekerjaan sekolah sampe untuk memesan sesuatu. Ini di karenakan web
prosesnya cepat, murah, mudah dan FUN. Anda gak perlu lagi meninggalkan rumah.
Bahkan orang yang doyan belanja online sekarang udah banyak. Selain itu di web
juga di pakai untuk mencari tau tentang sesuatu. Misalkan produk buatan anda.
Jika mereka tidak menemukan produk anda di website, bisa jadi dia beralih ke
produk lain yang sudah mempunyai website.
·
APA SAJA YANG DAPAT DI LAKUKAN DENGAN WEB?
Banyakkkk! Website bisa
digunakan untuk berbagai macam tugas. Misalnya:
1.
Membuat pengumuman atau pemberitahuan Informasi
2.
Membagi dan mendistribusikan file dan foto
3.
Berkomunikasi langsung dengan siapapun yang berada di belahan
dunia manapun!
4.
Dapat menjual Produk atau servis (yang kini dikenal sebagai Online
Shop)
5.
Memberi pelayanan atau menerima masukan dari costumer anda jika
anda mempunyai suatu produk
6.
Untuk Entertaiment atau hiburan anda misalkan saja komik online
7.
Untuk Transaksi
Kita semua dapat melakukan
hal-hal tersebut dengan sangat mudah! Tak kenal anda di mana, tak kenal malam
maupun siang dan tentu saja dengan biaya yang murah
·
BAGAIMANA SIH CARA WEBSITE BEKERJA?
Sebenarnya, website itu
hanya sebuah kumpulan file yang terletak di sebuah computer yang terhubung ke
internet loh. Jadi ketika ada seseorang yang mengunjungi website tersebut,
mereka sebenernya hanya terhubung dengan sebuah computer dan computer ini (biasa
di sebut sebagai server) akan memberikan file yang ingin orang tersebut lihat.
Memang sih simple, tapi
tidak sembarang computer bisa di jadikan server. Dibutuhkan power dan software
yang baik untuk merespon atau memberikan file yang di butuhkan oleh pengunjung
web tersebut. Jika anda merasa kuat untuk computer anda di jadikan server,
tunggu dulu, di butuhkan unsur akses atau koneksi internet yang luar biasa
cepatnya untuk melayani jumlah pengunjung web tersebut.
Nah karena masalah tersebut
lah perusahaan Web Hosting di butuhkan
·
APASIH UNSUR UNSUR YANG ADA DI DALAM WEB
1. NAMA DOMAIN
Yaitu alamat yang digunakan
untuk mengidentifikasikan website tersebut. Nama domainnya haruslah unik dan
berbeda dengan yang lainnya. Karena alamat ini lah yang digunakan untuk
menemukan dan masuk ke website tersebut di dalam internet. Anda bisa bebas
membuat domainnya. Misalkan saja : diwaganteng.com
2. BAHASA PROGRAM
Yap ini juga salah satunya.
Yaitu bahasa yang di gunakan untuk menerjemahkan perintah dalam website tersebut
yang sedang di akses. Ada banyakkk bahasa program untuk membuat sebuah website,
diantaranya:
- HTML
(HyperText Markup Langueage)
- WML
(Wireless Markup Language)
- ASP
(Active Sercer Pages)
- XML
(Extensible Markup Language)
- Dan masih
banyak lagi!
Website itu sebernernya
adalah kumpulan kodingan loh. Oleh sebab itu kita membutuhkan web browser untuk
merubah kodingan tersebut menjadi yang kita biasa lihat. Banyak juga contoh web
browser. Yang sering digunakan antara lain:
- Google
Chrome
- Mozila
Firefox
- Opera
3. RUMAH WEBSITE (WEB HOSTING)
Nah seperti yang di
jelaskan tadi, jadi di butuhkan hardisk atau tempat untuk menyimpan berbagai
data seperti file, gambar dan lainnya yang untuk di tampilkan di dalam website
tersebut. Biasanya memori itu di sebut sebagai server. Jadi kita sama aja kaya
menyewa server atau bahkan membeli server
4. DESIGN WEB
Yang keempat yang tidak
kalah pentingnya adalah design dari webnya. Yaitu untuk menentukan keindahan
dan kualitas website. Jadi kita bikin desain websitenya yang menarik,
tidak bikin ngantuk agar orang yang berkunjung betah.
·
APA AJA SIH JENIS-JENIS WEB?
Jenis jenis web bisa di
golongkan menjadi 3. Yaitu:
1. WEB STATIS
Aritnya isi dari web ini
bersifat statis atau tetap. Jadi untuk melakukan perubahan pada halamannya di
lakukan secara manual dengan mengedit kodingan websitenya (bahasa pemgrograman
webnya). Cukup repot kan.
2. WEB DINAMIS
Nah sesuai dengan namanya,
isi dari website ini bisa berubah-berubah atau up to date! Biasanya web dinamis
juga menyediakan halaman backend yang di gunakan untuk mengedit content dari
website atau halaman tersebut. Web ini biasnaya terhubung dengan database untuk
website itu sendiri. Nah biasanya web jenis ini dipakai untuk web berita
ataupun web portal yang berisikan informasi ataupun polling sekalipun.
3. WEB
INTERAKTIF
Nah jenis web ini sangatlah
booming di zaman sekarang ini contohnya saja adalah forum dan blog. Dalam jenis
website ini, pengunjung bisa berinteraksi dan beradu argument mengenai apa saja
yang sedang di bicarakan. biasanya di perlukan juga moderator untuk membatasi
ruang bahasan yang di bacarakan oleh pengunjung.
Nah terus berdasarkan
tujuannya, web di kelompokan lagi menjadi beberapa kelompok. Yaitu:
1. Katalog
2. E-Commerce
3. E-Learning
4. Komunitas
5. Alat
Pemasaran
6. Nilai
Tambah
7. Personal
·
CERITAIN DONG SEJARAH WEB?
Sejarah singkatnya sih jadi gini, website itu pertama kali di
temukan sama Sir Timothy John, Timberners-Lee. Tahunnnya itu tahun 1991.
Tujuannya di buat saat itu yaitu untuk mempermudah tukar menukar dan
memperbarui informasi kepada sesama peneliti di tempat mereka berkerja.
Barulah web di publikasikan ke masyarakat luas setelah pengumuman dari CERN pada tanggal 30 April 1993. CERN itu sendiri menyatakan bahwa website secara gratis bisa digunakan oleh semua orang.
Barulah web di publikasikan ke masyarakat luas setelah pengumuman dari CERN pada tanggal 30 April 1993. CERN itu sendiri menyatakan bahwa website secara gratis bisa digunakan oleh semua orang.
·
APA YANG MEMBUAT SEBUAH WEB DI KATAKAN BAIK?
Ada beberapa kriteria yang membuat website tersebut dikatakan
baik. Yaitu:
1. Usability: Pengunjung web dapat mengoprasikannya dengan mudah dan cepat dalam berinteraksi dengan situs webnya.
2. Sistem Navigasi : nah ini juga penting karena akan membantu pengunjung web menjelajahi situs web tersebut.
3. Grapich Design : sebuah web harus dapat membuat mata pengunjung nyaman untuk menikmati halaman dan menjelajahi web kita tanpa membuat ngantuk ataupun bosan.
4. Contens : berisi hal yang berguna dan bermanfaat bagi para pengunjung web tersebut.
5. Compability : perangkatnya harus bisa berjalan di semua device user.
6. Loading Time : sebuah website haruslah cepat loading timenya agar pengunjung nyaman.
7. Functionally
8. Accesibilit.
9. Interactivity.
Nah bagaimana penjelasan WEB nya? Sekarang kita masuk ke JARINGAN yuk. Mohon di simak ya
1. Usability: Pengunjung web dapat mengoprasikannya dengan mudah dan cepat dalam berinteraksi dengan situs webnya.
2. Sistem Navigasi : nah ini juga penting karena akan membantu pengunjung web menjelajahi situs web tersebut.
3. Grapich Design : sebuah web harus dapat membuat mata pengunjung nyaman untuk menikmati halaman dan menjelajahi web kita tanpa membuat ngantuk ataupun bosan.
4. Contens : berisi hal yang berguna dan bermanfaat bagi para pengunjung web tersebut.
5. Compability : perangkatnya harus bisa berjalan di semua device user.
6. Loading Time : sebuah website haruslah cepat loading timenya agar pengunjung nyaman.
7. Functionally
8. Accesibilit.
9. Interactivity.
Nah bagaimana penjelasan WEB nya? Sekarang kita masuk ke JARINGAN yuk. Mohon di simak ya
JARINGAN
INTERNET
Wah kalau kita bicara
tentang jaringan internet tidak akan ada habisnyaaa! Luas banget. Tanpa kalian
sadari, ketika kalian sedang membaca blog ini, kalian itu sedang menggunakan
jaringan internet juga loh. Yuk langsung aja kita bahas tentang jaringan
computer. Simak terus yaaa
·
APASIH JARINGAN ITU?
Jadi jaringan itu adalah
sebuah system yang terdiri dari computer dan perangkat jaringan lainnya, yag
bekerja sama untuk mencapai tujuan yang sama pula. Tujuannya antara lain
adalah:
1. Membagi
sumber daya
Contohnya berbagi pemakaian
printer, CPU, Memori, Hardisk, dan yang lainnya di sebuah tempat
2. Komunikasi
Contohnya itu surat
elektronik, instant messaging dan yang paling booming adalah chatting
3. Akses
Informasi
Contohnya adalah web
browsing di internet
Biar bisa mencapai tujuan
yang sama, setiap jaringan computer pasti meminta dan memberikan layanan atau
service. Pihak yang meminta layanan itu biasa disebut klien (client) sedangkan
yang memberikan layanannya disebut pelayan (server). Arsitektur ini disebut
dengan system client-server loh. Dan sudah di gunakan hamper di seluruh
aplikasi jaringan computer!
·
APASIH PROTOKOL JARINGAN?
Protocol itu adalah sebuah
aturan atau Standar yang mengatur atau mengijinkan terjadinya sebuah hubungan,
komunikasi maupun perpindahan data antara dua atau lebih computer. Protocol
bisa di pakai di terapkan ke hardware, software ataupun kombinasi keduanya.
Berikut ini protocol yang sering digunakan. Yaitu:
1. Ethernet
Protocol ini menggunakan
metode control akses media carier senses multiple access with collision
Detection yang di gunakan untuk menentukan station mana yang dapat
mentransmisikan data pada waktu terntentu melalui media yang di gunakan
2. Token Ring
Protocol ini adalah sebuah
cara akses jaringan berbasis teknologi ring yang pada awalnya di kembangkan dan
diusulkan oleh Olaf soderblum pada tahun 1969. Elemen kuncinya adalah
penggunakan konektor buatan IBM dengan menggunakan kabel twisted pair dan
memasang hub aktif yang berada di dalama sebuah jaringan computer.
3. AppleTalk
Protocol ini dikembangkan
khusus untuk jaringan yang terdiri atas computer-komputer Apple Macintosh, yang
menginzinkan para penggunanya untuk saling berbagi berkas maupun printer agar
dapat diakses oleh pengguna-pengguna lainnya. Kini teknologi ini sudah di
tinggalkan dan digantikan dengan Apple Open Transport.
4. FDDI
Singkatan dari Fiber
Distibuted Data Interface. Adalah sebuah standar komunikasi data dengan
menggunakan fiber optic pada LAN dengan panjang sampai 200km. protocol ini
berbasis token ring.
5. Asychronous Transfer
Mode
Biasa di sebut ATM, adalah
protocol jaringan yang berbasis sel. Yaitu paket-paket kecil yang berukuran
tetap (48 byte data + 5 byte Heade). Kata asynchronous berarti transfer data
dilakukan secara asinkron, yaitu masing-masing pengirim dan penerima tidak
harus memiliki pewaktu (clock) yang tersinkronisasi. Ada juga metode transfer
secara sinkron yang sebut sebagai STM (Synchronous Transfer Mode)
·
APA SAJA PERANGKAT KERAS JARINGAN?
1. SERVER
Yaitu suatu unit computer
yang berfungsi untuk menyimpan informasi dan untuk mengelola suatu jaringan
computer dan melayani seluruh workstastion dalam jaringan tersebut.
2. WORKSTATION
Yaitu adalah keseluruhan
computer dalam suatu jaringan yang terhubung ke file server dan memanfaatkan
sumber daya yang ada di server. Workstation harus mempunyai kartu jaringan,
aplikasi jaringan dan kabel untuk menghubungkan dengan computer lain.
3. KABEL
Berfungsi untuk
menghubungkan computer satu dengan yang lain. Kabel yang digunakan antara lain:
- Kabel
Koaksial (co-cable)
- Kabel UTP
(Unshielded Twisted Pair)
- Kabel
Fiber Optic
4
4. Network Intrface Card (NIC) atau Kartu Jaringan
Merupakan perangkat yang
menyediakan media untuk menghubungkan antar computer
·
APA SAJA SIH MODEL KONEKSI JARINGAN?
Menurut fungsinya:
1. P2P
Atau biasa di sebut peer to
peer yang memungkinkan seorang pengguna membagi sumber daya yang ada di dalam
komputernya. Baik itu file data, printer ataupun yang lainnya serta mengakses
sumber daya yang terdapat di computer lain. Model ini tidak mempunyai sebuah
file terpusat atau file server. Seluruh computer mempunyai kemampuan yang sama.
Model ini di desain untuk jaringan yang berskala kecil dan menengah.
2. Client Server
Model ini memungkinkan
jaringan untuk mensentralisasi fungsi dan aplikasi kepada satu atau dua
dedicated file server. Artinya file server menjadi jantuung dari keseluruhan
system. Memungkinkan untuk mengakses sumber daya dan menyediakan keamanan.
Menurut Media Transmisi
1. Jaringan
Nirkabel (WiFi)
Jaringan yang menggunakan
gelombang radio untuk koneksi antar anggota jaringan.
2/ Jaringan Wired Network
(Berkabel)
Jaringan yang menggunakan
kabel untuk menghubungkan anggota-anggota jaringan.
Menurut Distribusi Sumber
Informasi:
1. Jaringan
Terdistribusi
Yaitu perpaduan dari
beberapa jaringan sehingga computer server saling berhubungan dengan client
untuk membentuk system jaringan tertentu
2. Jaringan
Terpusat
Yaitu terdiri computer kiln
dan server yang mana computer klien berfungsi sebagai perantara untuk mengakses
sumber informasi atau data yang berasal dari satu computer server
Menurut Topologi Jaringan:
1. Star Topology
Merupakan sekumpulan
computer yang dihubungkan dengan computer yang berada di pusat konfigurasi yang
berbentu bintang yang berperan sebagai pengontrol dan pemberi layanan.
2. Ring Topology
Sekelompok computer yang
saling terhubung dan membentuk konfigurasi cincin di mana salah satunya
berperan sebagai server.
3. Topology Bus
Merupakan sekumpulan
computer yang saling terhubung pada kabel khusus, di mana salah satunya
berperan sebagai server
4. Tree Topology
Sekumpulan computer yang saling
terhubung membentuk konfigurasi pohon
Menurut Area Jaringan
1. Local
Area Network (LAN)
Merupakan jaringan computer
dengan ruang lingkup terbatas. Ya karena hanya area lokal. Tipe jaringan ini
banyak di pakai di gedung perkantoran, warnet, lab computer dsb.
2. Metropolitan Area
Netrwork(MAN)
Merupakan jaringan computer
yang ruang lingkupnya cukup jauh. Digunakan untuk membangun jaringan computer
antar gedung, dalam satu kota atau antar kota yang berada pada jangkauannya.
Biasanya jaringan ini digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar seperti
perbankan.
3. Wide Area Network
Nah jaringan ini adalah
jaringan terbesar. Karena bisa mencakup radius antar Negara bahkan benua tanpa
batasa geografis seperti jaringan lainnya. Dalam hal ini, WAN sering dikatakan
sebagai Internet.
CONTOH PENERAPAN JARINGAN
INTERNET DI BERBAGAI BIDANG
·
DALAM DUNIA BISNIS
Dengan adanya bisnis
online, jual beli dapat dilakukan melalui internet, jadi pembeli dengan mudah
hanya cukup melihat daftar barang yang tertera, kemudian memesannya. Selain itu
juga dapat di manfaatkan oleh pegawainya untuk berkomunikasi dengan efektif dan
efisien. Seperti costumer service kepada pembelinya. Contoh penerapannya antara
lain:
1.
Proses transaksi yang terintegrasi dengan baik.
2.
Dapat terhubung beberapa cabang perusahaan yang berbeda tempat.
3.
Adanya toko online.
·
DALAM DUNIA MOBILE
Sekarang ini siapa yang
tidak punya handphone? Pada dunia mobile, adanya jaringan internet memperluas
cakupan jaringan mobile juga. Contohnya:
1.
Penggunaan perangkat WiFi pada handphone.
2.
Adanya videocall dan videostreaming.
3.
Pengaksesan email melalui handphone.
4.
Tidak lagi memerlukan kabel untuk menghubungkan dengan internet,
karena sekarang bisa dengan handphone.
·
DALAM DUNIA PERBANKAN
Nah ini lah yang paling
popiler di gunakan oleh orang-orang. Yaitu transaksi uang. Dahulu orang harus
mengambil uang di bank. Repot. Sekarang hanya perlu kartu transaksi, bisa dapat
mengambil uang di mana saja yang sekarang ini sudah banyak tempat penarikan
uang tunai otomatis, lalu selain itu pembayaran bisa juga dilakukan hanya
tinggal menggesek kartu. Tidak lagi menggunakan uang. Lalu sekarang ini kita
tinggal mentranfer uang dengan cepat tanpa harus mengirim lewat kantor pos.
tentu penerapan jaringan internet ini di bidang perbankan sangat membantu.
Contoh-contoh lainnya adalah:
1.
Pengunaan ATM (Automatic Teller Machine).
2.
Adanya e-Banking.
3.
Penggunaan database di bank-bank.
Hal-hal tersebut
mendatangkan banyak manfaat bagi kita sebagai nasabah dari bank tersebut. Keuntungannya
antara lain:
1.
Mempermudah jika kita tidak membawa uang banyak. Cukup dengan
kartu kredit.
2.
Mempermudah pembayaran semua jenis transaksi dengan menggunakan
ATM.
3.
Mempersingkat waktu transaksi dengan adanya jaringan ini.
4.
Menggunakan phone banking dan internet banking.
·
DALAM RUMAH
Penerapan dirumah biasanya
lebih ke penggunaan internet baik itu menggunakan modem ataupun jaringan kabel.
Tentu dengan manfaat seperti membuat koneksi peer to peer untuk bermain game
dengan keluarga ataunpun untuk mengerjakan tugas, browsing internet, ataupun
berkomunikasi jarak jauh dengan chat. Contoh-contoh implementasi jaringan
computer di rumah antara lain:
1.
Internet
2.
TV Cable
Okedeh saya rasa cukup sekian tentang web dan jaringan. Terima
kasih sudah membaca :)
REFERENSI:
e-book : Ramadhan,
Arif, S.kom, 2006, Pengenalan Jaringan Komputer, Jakarta : PT Elex Media
Komputindo
e-book : kalamkata.org, Internet Fundamental
Dewanto, I. Joko. 2006. Web Desain (Metode Aplikasi dan Implementasi).
Yogyakarta : Graha Ilmu
Sunarto. 2008. Teknologi Informasi dan Komunikasi IX . Jakarta
: Grasindo.
http://endra-dwi-putra.blogspot.com/2012/04/pengertian-jaringan-internet-atau.html
(Diakses 19-03-2015)
http://nikenlarasati9428.blogspot.com/p/jaringan-internet.html
(Diakses 19-03-2015)
http://deagestano.blogspot.com/2011/02/implementasi-jaringan-komputer-pada.html
(Diakses 19-03-2015)
id.wikipedia.org
Google Image
Ardiyanto Diwa, http://diwaardiyanto11.blogspot.co.id/2015/04/aspek-hukum-keamanan-pada-web-atau.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar