Rabu, 23 Maret 2016

Apa itu Pre-Web

Apa itu Pre-Web


Pre-web itu era dimana prototype seperti memex, usenet, gopher dan ftp hadir sebelum kemudian berevolusi menjadi internet. Nah kalo internet itu sendiri adalah tempat dimana web muncul pertama kalinya ke publik sampai saat ini.


Berikut ini adalah contoh dari Pre-web

Memex
Hypertext
Internet
Usenet
Ghoper


Memex

Apasih memex itu?



Memex (singkatan dari "memori" dan "index") adalah nama hipotetis proto-hypertext sistem yang Vannevar Bush jelaskan pada tahun 1945 pada artikel bulanan The Atlantic " As We May Think "(AWMT). Bush membayangkan memex sebagai perangkat di mana individu akan mengkompres dan menyimpan semua buku-buku mereka, catatan, dan komunikasi, "mekanis sehingga dapat berkonsultasi dengan melebihi kecepatan dan fleksibilitas." The memex akan memberikan "suplemen intim yang diperbesar ke memori seseorang". Konsep memex mempengaruhi perkembangan awal hypertext sistem (akhirnya mengarah ke penciptaan World Wide Web ) dan basis pengetahuan personal software.


Hypertext

Apakah Hypertext itu kata yang berlebihan? Hyper(sesuatu yang berlebihan atau upnormal) text (kata, ataupun tulisan


Hypertext adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah Penjelajah web Internet dan formating hypertext sederhana yang ditulis kedalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi.


Internet

Kalo internet sih pasti udah pada familiarkan ?



interconnection-networking adalah sebuah jaringan komputer berskala global dengan terhubung melalui TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket yang terhubung ke perangkat komputer dan sistem-sitem yang membangun web server.


Usenet

Artinya bukan menggunakan internet ya !



(User Network) Sistem diskusi Internet yang terdistribusi secara global. Sistem ini dikembangkan dari arsitektur serbaguna UUCP dari nama yang sama. Di dalamnya ditampilkan berbagai atikel yang disebut News dalam berbagai topik dan kategori.


Ghoper

Apanih Ghoper baru dengerkan?


Gopher merupakan TCP / IP Application layer protokol yang didesain fasilitas untuk memudahkan pencarian, penarikan, dan pengambilan informasi dari server yang mendukung protocol Gopher melalui internet.




Rayhan Tubagus, http://tubagusrayhan.blogspot.co.id//2016/03/penjelasan-mengenai-pre-web.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar